hyde

hyde

Rabu, 21 November 2012

Opini


Kata-kata Tidak Baku yang Banyak Digunakan Masyarakat Indonesia

Akhir-akhir ini banyak sekali kata-kata tidak baku yang sangat populer dan sering digunakan oleh masyarakat Indonesia terutama remaja dan anak-anak. Kata-kata itu seperti kata ‘Lebay’ ( kata yang digunakan untuk mengungkapkan sesuatu yang berlebihan ), ‘Cius’ (Serius ? ), dan  ‘Alay’ ( Kata yang digunakan untuk mengungkapkan sesuatu yang norak atau kampungan ). Kata-kata ini begitu cepat mencapai popularitas di kalangan masyarakat Indonesia, karena penyebarannya yang melalui media-media yang juga banyak digunakan, seperti televisi, radio, bahkan media cetak. Tidak ada penyebab pasti dari mana kata-kata ini berasal, dan kapan pertama kali kata-kata ini digunakan.

Penulis mengambil tema tentang “ Kata-kata Tidak Baku yang Banyak Digunakan Masyarakat Indonesia “ karena telah banyak ditemukan masyarakat Indonesia terutama remaja dan anak-anak yang pada kesehariannya sering sekali menggunakan kata-kata yang tidak baku tersebut

Alangkah baiknya jika masyarakat Indonesia dapat meminimalisir penggunaan-penggunaan kata-kata tersebut. Karena apabila penggunaan kata-kata tersebut tidak diminimalisir, masyarakat Indonesia lama-kelamaan bisa kehilangan bahasa yang menjadi bahasa ibu mereka yaitu bahasa Indonesia. Peran beberapa pihak seperti pemerintah, guru-guru, serta para orang tua juga sangat diperlukan, agar masyarakat Indonesia bisa mempertahankan bahasa mereka.

Kesimpulan dalam permasalahan ini adalah, masyarakat Indonesia harus mendapat penyuluhan untuk dapat meminimalisir penggunaan kata-kata tidak baku tersebut, Karena hal ini sangat diperlukan untuk pelestarian bahasa Indonesia itu sendiri.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar