hyde

hyde

Sabtu, 20 November 2010

TOIRE NO HANAKO

  Toire no Hanako atau yang biasa dikenal dengan Hanako si penghuni toilet, adalah salah satu hantu yang populer di kalangan anak sekolah Jepang. Kepopulerannya seringkali membuat youkai ini sering ditampilkan dalam manga, anime, maupun film. Setiap membicarakan tentang toilet yang terbilang angker, orang jepang bahkan mengaitkan dengan hantu Hanako. Siapa sebenarnya hantu Hanako itu?

  Hanako sebenarnya merupakan nama yang cukup old-fashioned untuk nama seorang perempuan jepang dan pernah menjadi trend di masa lalu. Disebutkan, legenda hantu Hanako bermula pada tahun 1950-an dimana saat itu tengah heboh penampakan anak kecil di toilet sekolah. Wujudnya seperti anak perempuan pada umumnya, memakai baju seragam sekolah dengan rok merah, berambut bob pendek, dan biasa muncul di kamar mandi sekolah-sekolah SD di Jepang. Kehebohan hantu Hanako ini kembali terjadi pada tahun 1980 dimana hantu Hanako itu muncul tidak lagi di sekolah SD tapi juga di SMP maupun SMA. Biasanya, Hanako hanya menampakkan diri di toilet perempuan. Kalaupun dia bisa terlihat oleh anak laki-laki, kemungkinan tailet yang disemayami Hanako adalah toilet unisex.

  Tidak seperti kebanyakan youkai yang menampakkan diri di malam hari, Hanako biasanya muncul di siang hari saat jam sekolah. Keberadaan Hanako sama sekali tidak membahayakan jiwa dan tidak suka meneror dengan rasa dendam. Ia hanya makhluk halus yang sekedar muncul untuk menunjukan eksistensinya dan menjadi maskot hantu masa kini yang ditakuti anak-anak. Orang yang melihatnya, paling hanya akan lari terbirit-birit dan Hanako tidak akan mengejar. Tidak ada cara khusus untuk menangkal Hanako. Bahkan ada yang menyebutkan jika hantu Hanako aslinya adalah sosok yang baik bahkan mau menolong siapa saja yang tengah dalam masalah dan disebut-sebut kerap membawa keberuntungan.

  Selain itu, beberapa kali kisah Hanako juga diangkat dala film dengan judul Toire no Hanako-san dan dimuat dalam manga-manga yang bertema horror atau melibatkan tokoh youkai.

  DATA
Jenis kelamin: Perempuan
Tinggi: Sekitar 120 cm
Berat: Tidak diketahui
Ciri-ciri: Rambut bob, rok berwarna merah
Senjata: Tidak ada
Habitat: Toilet sekolah
Pergerakan: Berpindah-pindah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar