hyde

hyde

Senin, 22 November 2010

Manga

  Manga diambil dari bahasa jepang yang berarti 'komik'. Kata manga memang berarti komik, tapi manga sering diartikan sebagai 'komik dari Jepang'. Kata komik itu sendiri bisa juga memiliki arti yang lebih luas, antara lain bisa berarti komik Jepang (manga), komik Korea (manhwa) atau juga komik Amerika (comic).

  Gaya manga sendiri pertama kali dikenalkan oleh Osamu Tezuka (dikenal pula sebagai Bapak komik Jepang ) dengan manganya yang berjudul Ribon no Kishi dan Tetsuwan atom. Beliau terpengaruh dengan animasi Amerika seperti Betty Bob dan Disney sehingga melahirkan gaya gambar manga yang terkenal stereotip sampai saat ini ( dengan mata besar-besar ).
  Gaya penuturan manga itu sendiri juga terbilang unik. Mereka sering melebih-lebihkan sesuatu atau bahkan mengungkapkan sesuatu tanpa kata-kata. Misalnya sering kita temui tokoh yang terkejut dengan mata yang kosong, atau tokoh dengan keringat besar mengantung di kepalanya. Ketika membacanya, kita tidak bisa menerjemahkan artinya denga kata-kata, tapi kita mampu untuk menangkap makna di belakangnya. Itulah keunikan-keunikan manga yang sangat berbeda jika dibandingkan dengan komik-komik lainnya !.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar